With HTML you can create your own Web site – W3Schools

1. Apa Itu HTML?

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa inti dari hampir semua konten web [1]. Kenapa disebut inti? Karena HTML inilah yang menjadi dasar dan HTML juga yang dapat diterjemahkan oleh browser. Sebagian besar dari apa yang Anda lihat pada layar browser anda adalah sebuah deskripsi, secara mendasar, menggunakan HTML. Lebih tepatnya, HTML adalah bahasa yang menggambarkan struktur dan isi semantik dari sebuah dokumen web [1].

HTML adalah standar internasional yang spesifikasinya didasari dari World Wide Web Consortium dan WHATWG [1]. Namun dalam membuat sebuah web, kita tidak cukup hanya dengan mengandalkan HTML saja. Kita memerlukan bantuan bahasa lain seperti:

  1. CSS (Cascading Style Sheet), untuk mempercantik tampilan dari script HTML;
  2. JavaScript, agar web menjadi lebih interaktif; dan
  3. PHP, agar web yang kita hasilkan menjadi lebih dinamis.

2. Tag dan Atribut pada HTML

Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya saja dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu [2]. Contoh sederhananya adalah jika kita ingin menebalkan kata tertentu, dalam HTML kita cukup menggunakan tag <b>Tebal</b>.

Kemudian di dalam tag juga terkadang mempunyai atribut. Atribut adalah informasi tambahan yang diberikan pada tag [3]. Setiap atribut mempunyai pasangan nama dan nilai (name and value) yang umumnya ditulis nama="value". Penulisan value diapit oleh tanda kutip, dan boleh menggunakan tanda kutip satu (‘) maupun kutip dua (“) [3]. Berikut adalah contoh penulisan tag dengan atribut.

<a href="https://blog.yahya.site/">Blog Saya</a>

Tag yang digunakan pada contoh diatas adalah tag a, dan atribut yang diberikan adalah href="https://blog.yahya.site/" dengan href adalah nama atribut dan nilainya adalah https://blog.yahya.site/.

Tips:
HTML tag umumnya sepasang seperti <p> dan </p> [4].
Tag penutup ditulis sama dengan tag pembuka dengan tambahan forward slash sebelum nama tag [4].
Tidak semua tag perlu disisipi atribut [3].

Selain contoh sederhana diatas, kegunaan dari HTML sebenarnya masih sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membuat heading (judul).
  2. Membuat tabel.
  3. Membuat list.
  4. Membuat paragraf.
  5. Pemformatan teks/paragraf.
  6. Membuat form.
  7. Membuat tombol/button.
  8. Dan masih banyak yang lainnya.

Referensi

  1. 2016 . Mozilla . “HTML” (daring) . https://developer.mozilla.org/id/docs/Web/HTML . Diakses Selasa, 5 Desember 2017.
  2. Wikipedia. “HTML” (daring) . https://id.wikipedia.org/wiki/HTML . Diakses Selasa, 5 Desember 2017.
  3. 2018 . Dunia Ilkom . “Pengertian Tag, Elemen dan Atribut pada HTML” (daring) . https://www.duniailkom.com/belajar-html-pengertian-tag-elemen-dan-atribut-pada-html/ . Diakses pada Kamis, 30 Agustus 2018.
  4. W3Schools . “Introduction to HTML” (daring) . https://www.w3schools.com/html/html_intro.asp . Diakses pada Kamis, 30 Agustus 2018.
  5. Malas Ngoding. “Belajar HTML Part 1: Pengertian HTML” (daring) . https://www.malasngoding.com/belajar-html-dasar-pengertian-html/ . Diakses Selasa, 5 Desember 2017.